Coding di Mata Anak SMP Labschool

Saat pertama kali mendengar kata coding, mungkin kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa itu adalah suatu kegiatan yang hanya dapat dinikmati oleh mereka yang handal dalam bidang TIK dan merepotkan bagi orang-orang awam. Tetapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya coding berbeda dari dugaan kita?

Coding adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang akan membangun suatu program komputer. Coding merupakan kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin dan diterjemahkan menggunakan kompiler. 


Coding berguna untuk membuat program komputer. Coding sangat bermanfaat pada kehidupan sehari harii. ada cukup banyak alasan untuk memulai belajar coding. Mulai dari karir hingga membuka lapangan kerja sendiri bisa menjadi alasan untuk memulai belajar hal ini serta untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah.

Terdapat macam-macam bahasa pemrograman . Antara lain seperti Java, HTML & CSS, Python, PHP, Ruby, Angularjs, dan lainnya. kita dapat memberikan daftar instruksi pada perangkat komputer sesuai dengan tujuan kita Dengan bahasa-bahasa pemograman itu. Misalnya, kita menulis code untuk membuat aplikasi Android atau membangun website.

Coding adalah sebuah pemograman. Untuk mempelajari coding, kita harus mempelajari algoritma terlebih dahulu. Karena program tidak akan pernah lepas dari algoritma.

Untuk mempelajari coding bisa melalui dua hal, yaitu melalui website dan juga aplikasi. Berikut ini adalah beberapa website yang dapat kamu gunakan untuk belajar coding :

1. CodeAcademy

2. W3schools
3. CodeWars
4. Free Code Camp
5. Hack.Pledge()

Untuk aplikasi yaitu sebagai berikut :
1. Learn Java
2. Udacity
3. AIDE- IDE for Android Java C++
4. Programming Hub
5. Codebox

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Kenaikan Kelas 8

Resensi Buku "Menulislah Setiap Hari Dan Buktikan Apa yang Terjadi"

Kebersihan dalam Kelasku