Kebersihan dalam Kelasku

Halo semua! Kali ini aku akan bercerita tentang kebersihan kelasku, 7G. Di SMP Labschool Jakarta berlaku kegiatan piket. Jadi, di setiap kelas setiap siswa-siswi diwajibkan melaksanakan piket sesuai jadwalnya. Jadwal piketku yaitu hari Senin. 
Hal-hal yang biasanya dikerjakan siswa-siswi saat piket diantaranya, menyapu, mengangkat kursi, merapikan meja, membuang sampah, dll. Tapi di kelasku, wali kelas kami menegaskan kalau mengangkat kursi adalah kewajiban setiap murid-murid. Jadi tidak semua pekerjaan dikerjakan oleh yang piket saja.
Tapi, masih banyak pula yang sering melanggar peraturan, apalagi anak laki-laki. Kayaknya yang niat piket itu gak sampe setengah bagian dari anak laki-lakinya. Mereka tuh kalo mau piket mesti banget disuruh malahan sampe dipaksa sama anak-anak perempuannya, padahal yang paling bikin kelas kotor itu mayoritas anak laki-laki nya, ya okelah masih ada anak perempuan yang kadang suka ngotorin tapi ya gak separah laki-lakinya gitu lho. 
Entah numpahin minuman ini lah, makanan tumpah, sepatu kotor, main bola di belakang kelas sampe bikin meja belakang berantakan banget, dan banyak lagi, sampe bikin anak-anak perempuannya kesel sendiri. Banyak juga anak-anak cowo yang sering bolos piket, alasan ekskul lah, ada les lah, ini lah itu lah. 
Kadangan aku perhatiin guru-gurunya juga kalo masuk kelas mau ngajar suka minta kita buat lurusin meja kursinya dulu, ya emang bener juga sih kan kita mau belajar, kalo belajar tapi lingkungannya gak mendukung kan jadi gak fokus. Di kelasku juga ada pewangi ruangan jadi gak bikin kelas kita terlalu bau. 
Temen-temen juga kayaknya gak banyak yang suka nyimpen makanan di dalem kelas yang bikin kelas jadi bau, ya meskipun pernah sesekali ada kejadian kaya gitu. Kita juga gak nyimpen tempat sampah di dalem kelas, gak kebayang gimana kotor dan baunya kelas kita kalo ada tempat sampah di dalemnya. Tempat sampah disediakan di depan masing-masing kelas. Kalau habis makan pakai piring atau mangkok dari kantin, kita taro alat makannya di depan kelas, terus nanti ada yang ngambil buat dikembaliin ke kantin. 
Sekian artikel kali ini, terimakasih dan sampai jumpaa

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Kenaikan Kelas 8

Resensi Buku "Menulislah Setiap Hari Dan Buktikan Apa yang Terjadi"